Artupic Peralatan Peternakan GARANSI 100%
UANG KEMBALI
HUBUNGI
0812-9495-7028
   

HOME

Product        Cara Membeli        Bukti Pengiriman    --    Artikel        Tentang Kami        Hubungi Kami

Home > Peternakan Babi

Product List 

 

Video

 
Pig Nipple Drinkers Artupic
Mangkok Babi Genjik Artupic - Piglet Feeder
Cara membersihkan kandang ternak babi
Peternakan Babi contoh saat menyusui
Babi melahirkan di kandang babi
Usaha Ternak Babi
Peternakan Babi yang menyenangkan

Peternakan Babi
31 Mei 2012

Peternakan Babi cukup menjanjikan di Indonesia. Selisih biaya produksi dibanding harga jual cukup menggiurkan. Apalagi saat hari libur nasional seperti Imlek atau tahun baru, bisa dipastikan harga jual melonjak keatas.

Faktor yang perlu dipertimbangkan untuk membangun sebuah peternakan babi adalah Lokasi, dikarenakan hanya bisa didirikan di wilayah-wilayah tertentu. Izin dari pemerintah saja tidak cukup, harus didukung izin dari penduduk sekitarnya. Bahkan sering peternak babi merasakan tidak cukup jika kita hanya pandai dalam memelihara babi tapi tidak memiliki ketrampilan bersosialisasi dengan penduduk sekitar kandang.

Faktor permodalan juga bisa dirasakan, ibarat seperti menabung, kita tanam terus invest terus, dan ambil keuntungan di bulan-bulan kedepan. Bisa dibayangkan untuk invest 1 ekor induk babi dengan berat 80 kg harga sekitar 2 juta atau lebih, kita beri makan setiap hari, membutuhkan waktu 21 hari untuk mendapatkan kesempatan masa birahi (bisa dikawinkan), seandainya perkawinan berhasil berarti kita membutuhkan 3 bulan 3 minggu 3 hari (114 hari) untuk hamil, kemudian menghasilkan anak berkisar 8-10 ekor dan masa menyusui 1 bulan, kemudian membesarkan 10 ekor anak babi sampai berat 80 kg minimal (siap jual) membutuhkan waktu minimal 4 bulan kedepan... Proses ini sudah menghabiskan 9,5 bulan, dan ini pun hanya bisa dicapai oleh sebagian peternak dengan genetik baik + komposisi makanan baik + kandang dan perlengkapan dan perawatan yang baik. Peternak lain bisa lebih dari 10 bulan.
Bisa dihitung berapa biaya makanan, obat-obatan, gaji karyawan, listrik, dan sebagainya selama 10 bulan lebih tanpa ada uang masuk. Faktor permodalan perlu diperhitungkan agar tidak terjadi kehabisan cashflow di tengah jalan. Karena babi dengan berat dibawah 80 kg lebih sulit dijual dan kalaupun terjual pasti dibawah harga pasaran.

Resiko tinggi? Tidak juga. Kemampuan management kandang bisa dipelajari dengan praktek, dan pasti kita akan terus menambah koneksi sesama peternak maupun sales dan dokter babi. Kita bisa banyak belajar dari sana. Mengenai investasi induk, memang saat membeli perlu kita siapkan dana minimal 2 juta / ekor, tetapi induk bisa menghasilkan anak babi 2x melahirkan dalam 1 tahun, dan ideal sampai tahun ke 3 perlu di afkir, dengan ini saat kita menjual induk afkir dengan berat mencapai 150 kg lebih mungkin uang 2 juta tersebut bisa kembali.

Fluktuasi harga untuk babi cenderung lama, kalau harga telur ayam berubah setiap hari, kalau babi tidak. Dan naik atau turun harga babi biasanya sedikit demi sedikit.

                  

Link
Artupic Blogspot
Artupic Kaskus Pig Nipple
Artupic Kaskus Rabbits Nipple
Link
Artupic Tokobagus

Artupic Socio Pig Nipple Drinker
Artupic Socio Rabbits Nipple Drinkers
Link
Artupic Indonetwork
Artupic Indonetwork Pig Nipple
Artupic Indonetwork Rabbits Nipple

 

CARA MEMBELI

 

ONLINE =
Click langsung terhubung


       


OFFLINE TANGERANG =
Villa Melatimas B4/3
Tangerang
Senin-Jumat jam 08:30-17:00.
(Sabtu sampai jam 14:00. Tgl merah libur).
Maps/Waze = Artupic Peralatan Peternakan

 

OFFLINE SEMARANG =
Toko Kain "BARU"
Jl. Jend Sudirman 157
Semarang
Senin-Sabtu jam 0830-1800.
Maps = https://goo.gl/maps/SRSRVVvUZ6x

(Silahkan WA dulu sebelum ke lokasi untuk cek stok)

 


 

Follow us:
  
Artupic Peralatan Peternakan.

No part of this site may be reproduced without permission.